Pesona Pantai Papuma, Destinasi Eksotis Wisata Jember yang Ikonik dan Instagramable

Pesona Pantai Papuma, Destinasi Eksotis Wisata Jember yang Ikonik dan Instagramable

Kabupaten Jember memiliki destinasi wisata eksotis, salah satunya Pantai Papuma. Pantai yang terletak di Kabupaten Jember, Jatim, ini cukup populer di kalangan masyarakat karena menawarkan pesona keindahan alam tropis yang memikat. Tentunya, view indahnya yang Instagramable banget bagi wisatawan.

Tentunya, Pantai Papuma memiliki keindahan yang memukau dengan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Pantai ini siap memanjakan pengunjung dengan pengalaman liburan yang tidak terlupakan.

Menariknya, di pantai ini juga ada gua yang terletak di sebelah barat pantai. Gua ini memiliki berbagai formasi stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan. Pengunjung dapat menjelajahi gua ini dan menikmati keindahan alam yang ada di dalamnya.

Alamat dan Lokasi

Lokasi Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jatim. Bila melakukan perjalanan dari Kota Jember, Anda butuh waktu kurang lebih satu jam perjalanan karena akan menempuh jarak sekitar 40 km.

Rute Menuju Pantai Papuma

Akses menuju pantai ini cukup terjangkau dari Kota Jember. Hanya saja, pengunjung akan melewati jalan yang cukup curam. Jika menggunakan kendaraan pribadi, keluar dari Kota Jember menuju timur menuju Jalan Raya Pantai Puger, terus mengikuti Jalan Raya Pantai Puger hingga tiba di Desa Lojejer.

Nah dari Desa Lojejer, ambil jalan ke arah selatan menuju Desa Papuma, kemudian cukup mengikuti petunjuk arah yang tersedia menuju pantai itu.

Sementara jika menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat mengawali perjalanan dari Terminal Arjosari di Kota Jember, naik angkutan umum yang tersedia menuju Desa Lojejer. Kemudian ketika berada di Desa Lojejer, pengunjung dapat menggunakan ojek atau jasa transportasi lokal lainnya untuk mencapai Pantai Papuma.

Untuk memastikan telah berada di rute yang tepat, pengunjung bisa menanyakan kepada penduduk setempat atau menggunakan aplikasi map.

Harga Tiket Masuk Pengunjung

Harga tiket masuk ke Pantai Papuma untuk wisatawan domestik akan dibanderol Rp15.000 di hari kerja dan akan dikenakan Rp17.500 saat hari libur. Sementara bagi wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya Rp30.000, baik itu di hari kerja maupun di hari libur.

Selain biaya tiket masuk, di pantai ini juga akan dikenakan biaya parkir Rp3.000 untuk sepeda motor, Rp6.000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk bus.

Fasilitas untuk Manjakan Wisatawan

Pantai Papuma telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Ada area parkir yang luas, musala, kamar mandi umum, dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung juga dapat menyewa tenda dan matras pantai untuk berkemah atau sekadar bersantai di tepi pantai.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati lebih lama keindahan Pantai Papuma, ada juga penginapan yang tersedia di sekitar pantai. Beberapa penginapan menawarkan pemandangan langsung ke pantai dan suasana yang tenang dan nyaman.

Jam Operasional Pantai

Destinasi wisata alam Pantai Papuma buka setiap waktu atau selama 24 jam penuh karena pantai ini biasanya dijadikan sebagai tempat camping. Namun, untuk pengunjung yang ingin menikmati rekreasi wahana permainan air, seperti banana boat, jetski, dan perahu tersedia mulai dari pukul 08.00-18.00 WIB.

Keseruan dan Aktivitas Wisata

Saat berada di Pantai Papuma, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat memukau. Ada dua buah tebing yang berdiri tegak di sisi kanan dan kiri pantai. Di antara kedua tebing tersebut, ada sebuah celah yang memungkinkan untuk melihat matahari terbit dan terbenam dengan jelas.

Selain menikmati keindahan pantai, di sebelah barat pantai juga terdapat gua. Pengunjung dapat menjelajahi gua tersebut dan menikmati keindahan dari berbagai formasi stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan saat berkunjung ke Pantai Papuma. Selain berenang dan bermain di pantai, pengunjung juga bisa bermain wahana air, seperti banana boat, jetski atau menyewa perahu untuk menjelajahi sekitar pantai. Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah di sekitar pantai.

Review Wisatawan

Dapat dilihat melalui googlemaps, telah banyak wisatawan yang terpukau dengan keindahan dari Pantai Papuma. Umumnya, wisatawan sering memuji pantai ini dengan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan yang menakjubkan.

Pantai ini juga dikenal memiliki tebing-tebing karang yang indah dan mercusuar yang ikonik. Selain keindahannya, Pantai Papuma juga menyediakan fasilitas yang memadai sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya.

Secara keseluruhan, Pantai Papuma dapat menjadi pilihan destinasi liburan yang menarik bagi wisatawan yang mencari pantai yang indah dan menarik untuk dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *