Pesona Mata Air Sumber Sirah, Snorkeling di Air Tawar Paling Jernih di Malang

Pesona Mata Air Sumber Sirah, Snorkeling di Air Tawar Paling Jernih di Malang

Mata Air Sumber Sirah merupakan salah satu daya tarik di Malang yang digemari banyak orang. Sumber mata air alami ini dikenal sangat jernih dan segar.

Ya, Malang memang terkenal dengan berbagai destinasinya yang memikat. Tak hanya pegunungan atau pantai, Kota Apel ini juga memiliki wisata air yaitu Mata Air Sumber Sirah.

Penasaran ingin tahu seperti apa keunikan dari objek wisata Mata Air Sumber Sirah di Malang? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (2/1/2023).

Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan alam bawah air (underwater). Tempat wisata ini diklaim sebagai objek wisata air tawar yang ada di Indonesia. Sejak resmi dibuka pada 2015 sampai sekarang, Sumber Sirah yang berada di Desa Sumber Jaya Kecamatan Gendanglegi, Kabupaten Malang ini mampu menjadi representasi wisata desa mandiri Kabupaten Malang. Kawasan wiasata ini mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah.

Sebelum dijadikan tempat wisata, Sumber Sirah berperan sebagai mata air untuk pengairan sawah warga. Setelah itu, dibangun plengsengan di sekitar Sumber Sirah dan berlanjut dengan penambahan paving seiring adanya pengajuan Sumber Sirah sebagai lokasi wisata atas usulan warga.

Pesona Mata Air Sumber Sirah

Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung ke Sumber Sirah untuk membuktikan sendiri kejernihan airnya. Terlebih, lokasi wisatanya yang masih asri dan sejuk, cocok untuk piknik keluarga. Sejauh mata memandang, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sawah di sekitar Sumber Sirah. Pepohonan yang rindang menambah kesejukan di sekitar Sumber Sirah.

Mata Air Sumber Sirah di Malang memiliki tumbuhan kecil semacam ganggang hijau dengan pasir hitam yang halus. Ganggang hijau itu jika dilihat dari atas permukaan, seperti hamparan karpet hijau yang terbentang di bawah permukaan air sungai. Menikmati pemandangan pasir hitam dan ganggang hijau ini menjadi daya tarik tersendiri di Mata Air Sumber Sirah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *