Telaga Nilam, Keindahan Wisata Air di Kaki Gunung Ciremai

Telaga Nilam, Keindahan Wisata Air di Kaki Gunung Ciremai

Telaga Nilam atau sering disebut Telaga Nilem menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Jawa Barat. Objek wisata ini menawarkan pesona air bersih, jernih, dan segar, yang seakan mengundang para wisatawan untuk berenang di dalamnya.

Tidak hanya itu, Telaga Nilam juga menyediakan kesejukan alami yang menenangkan hati dan pikiran. Udara yang ada di objek wisata ini tergolong sejuk dan asri, serta sangat minim polusi.

Sejarah Singkat Telaga Nilam

Telaga Nilam konon terbentuk secara alami karena fenomena alam, yaitu letusan Gunung Ciremai beberapa abad yang lalu. Letusan tersebut menyebabkan munculnya mata air yang lama-kelamaan memenuhi cekungan tersebut, dengan dibantu oleh air hujan.

Di dasar telaga terdapat berbagai tumbuhan air berwarna hijau, yang memberikan kesan warna mencolok jika diliat dari atas permukaan. Selain itu, telaga tersebut juga dihuni oleh ikan bernama nilam atau nilem.

Ikan-ikan tersebut memiliki sifat yang pemalu. Jadi, jika didekati, mereka akan bersembunyi di celah-celah bebatuan yang ada di dalam telaga. Nah, keberadaan ikan inilah yang kemudian membuat warga sekitar menyebutnya sebagai Telaga Nilam atau Telaga Nilem.

Ikan-ikan tersebut memiliki sifat yang pemalu. Jadi, jika didekati, mereka akan bersembunyi di celah-celah bebatuan yang ada di dalam telaga. Nah, keberadaan ikan inilah yang kemudian membuat warga sekitar menyebutnya sebagai Telaga Nilam atau Telaga Nilem.

Lokasi Telaga Nilam

Telaga dengan air sebening kaca ini terletak di perbatasan Cirebon, Majalengka dan Kuningan sehingga lokasinya cukup mudah dijangkau.

Lokasi Telaga Nilam tepatnya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Telaga ini berlokasi tak jauh dari kawasan wisata Telaga Remis yang hanya berjarak sekitar 500 meter.

Jika berangkat dari Kuningan menggunakan mobil, rute terbaik menuju Telaga Nilam adalah dengan mengarahkan kendaraan ke Jalan Lingkar Timur Kuningan (via tol). Dengan melewati rute ini, diperkirakan Anda hanya memerlukan waktu tempuh selama satu jam untuk sampai ke Telaga Nilam.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Telaga Nilam

Telaga Nilam beroprerasi setiap hari, selama 24 jam. Artinya, tempat ini tidak pernah tutup. Di samping itu, harga tiket masuk Telaga Nilam juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp15.000 per orang untuk masuk ke Telaga Nilam.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, jangan lupa siapkan uang dengan pecahan yang lebih kecil untuk membayar parkir, ya. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk parkir motor adalah Rp3.000, sedangkan untuk parkir mobil adalah Rp5.000.

Daya Tarik Telaga Nilam

Telaga Nilam memiliki kondisi air yang sangat jernih dan tampak segar karena bersumber langsung dari pegunungan. Anda akan merasakan atmosfer yang sejuk dan menenangkan, meski belum menginjakkan kaki di pinggir telaga.

Tidak hanya itu, telaga nilam juga memiliki banyak pesona lain yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apa saja daya tarik tersebut? Cek selengkapnya di bawah ini!

1. Berenang di Air yang Jernih

Tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk menceburkan diri ke dalam telaga saat berkunjung ke Telaga Nilam. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena penampilan air yang sangat jernih, segar, dan memberikan kesejukan.

Telaga Nilam memiliki kedalaman yang bervariasi. Mulai dari hanya semata kaki orang dewasa, hingga sedalam 3 meter. Oleh karena itu, apabila Anda tidak biasa berenang, pastikan untuk membawa atau menyewa peralatan tambahan, seperti ban karet atau pelampung.

2. Snorkeling

Snorkeling tidak hanya bisa dilakukan di laut saja. Anda juga bisa menikmati wisata bawah air tersebut di Telaga Nilam, lho. Dengan melakukan snorkeling di objek wisata ini, Anda bisa melihat langsung keindahan Telaga Nilam dari dekat. Anda pun mungkin akan menemukan berbagai tumbuhan dan ikan yang hidup di dalam telaga.

Tidak punya perlengkapan snorkeling? Tenang, Anda bisa menyewa peralatan tersebut pada pengelola Telaga Nilam. Anda bahkan bisa menyewa fotografer untuk mengambil foto saat melakukan aktivitas snorkeling (underwater photography).

3. Menikmati Panorama Hutan yang Hijau dan Asri

Di sekitar telaga tempat orang-orang berenang terdapat hutan hijau yang masih terjaga keasriannya. Hutan ini juga cukup rimbun, sehingga mampu memberikan suasana yang cukup sejuk.

Anda pun akan merasakan semilir angin yang sejuk, khususnya saat pohon-pohon di hutan hijau ini tertiup angin. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan latar belakang hutan hijau tersebut, ya!

4. Menyaksikan Pesona Mata Air Alami

Air di Telaga Nilam berasal dari mata air alami yang letaknya berada di salah satu sudut area telaga. Mata air ini tidak pernah berhenti mengalirkan air sejak awal terbentuknya telaga tersebut.

Saat musim kemarau, air di Telaga Nilam bahkan tidak pernah berkurang mengingat mata air yang selalu aktif.

5. Bersantai di Gazebo

Ingin sekadar melihat penampilan air yang jernih atau kondisi hutan hijau yang terjaga keasriannya? Anda bisa bersantai di gazebo yang telah disediakan oleh pengelola Telaga Nilam.

Anda pun bisa menyantap bekal yang sudah disiapkan dari rumah di gazebo tersebut. Jika memang tidak membawa bekal, Anda dapat mengisi perut dengan membeli hidangan khas Kuningan di warung-warung yang letaknya tidak terlalu jauh dari telaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *