Pesona Pulau Dodola, Perpaduan Keindahan Alam dan Sisa-Sisa Peninggalan Perang Dunia

Pesona Pulau Dodola, Perpaduan Keindahan Alam dan Sisa-Sisa Peninggalan Perang Dunia

Pulau Morotai di Maluku Utara menjadi tempat yang wajib dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam berpadu dengan sisa-sisa peninggalan zaman peperangan. Morotai sendiri dulunya memang digunakan sebagai basis pertahanan Jepang selama Perang Dunia II sehingga saat ini masih banyak ditemukan benda-benda peninggalan perang yang menarik untuk dilihat secara langsung.

Pulau Morotai dikelilingi oleh 33 pulau kecil dan hanya tujuh di antaranya yang berpenghuni, seperti Kolorai, Ngele-ngele, Golo-golo, Rao, dan Saminyamau.

Salah satu pulau tak berpenghuni yang memiliki potensi pariwisata adalah Pulau Dodola yang terdiri dari Dodola Besar dan Dodola Kecil. Pulau ini berada di sebelah barat Pulau Morotai.

Sebagai bayangan, untuk menjangkau Pulau Dodola, bisa menuju ke Tobelo terlebih dahulu. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tobelo dan naik kapal feri atau kapal cepat (speedboat) ke Pelabuhan MS. Lastori di Daruba. Setelah itu, wisatawan masih harus naik kapal cepat atau kapal katinting ke Pulau Dodola.

Apa saja hal menarik yang ada di Pulau Dodola? Yang pasti tak akan membuat perjalanan liburan Anda mengecewakan.

Hal pertama yang akan Anda lihat ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Dodola adalah pemandangan pantai yang bersih dengan hamparan pasir putih. Keunikan dari pulau ini akan terlihat saat air laut sedang surut karena akan menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil oleh pasir putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *