Keindahan Di Atas Awan Gunung Arjuno Jawa Timur

Keindahan Di Atas Awan Gunung Arjuno Jawa Timur

Gunung Arjuno merupakan satu dari sekian banyaknya Gunung di Jawa Timur yang memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Gunung dengan ketinggian mencapai mencapai 3.339 mdpl ini berada di wilayah Malang dan Pasuruan.

Gunung Arjuno dapat di daki dengan beberapa jalur pendakian seperti jalur tretes, batu dan purwosari. Namun jalur yang paling banyak digunakan para pendaki adalah jalur tretes.

Satu hal yang paling sering diperbincangkan dari gunung arjuno adalah kisah mistisnya yang masih menjadi misteri. Misalnya misteri “lali jowo” yang merupakan kawasan angker yang konon banyak pendaki tersesat disini.

Terlepas dari kisah mistisnya, Gunung Arjuno memiliki keindahan alam yang mampu membuat pendakinya takjub. Tak heran jika gunung arjuno hingga saat ini masih sangat diminati oleh para pendaki dari seluruh penjuru Nusantara

Saya pernah mendaki gunung ini beberapa tahun yang lalu via jalur tretes. Jalur tretes juga menjadi salah satu kawasan wisata populer di Jawa Timur. Disana terdapat beberapa tempat menarik seperti air terjun kakek bodo dan bumi perkemahan.

Jika menggunakan jalur tretes, kita membutuhkan waktu sekitar satu hari untuk tiba di puncak dengan catatan pendakian dilakukan dengan cepat, namun jika ingin santai, kamu bisa berada di Puncak Arjuno saat hari kedua setelah start pendakia.

Ketersediaan sumber mata air cukup melimpah, misalnya di pos kop kopan dan di pos pondokan. Namun walau begitu kita harus tetap menerapkan prosedur dan manajemen pendakian yang baik. Nah itulah sekilas tentang Gunung Arjuno Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *