Taka Makassar, Sepotong Pulau yang Hilang Muncul di TN Komodo

Taka Makassar, Sepotong Pulau yang Hilang Muncul di TN Komodo

Sensasi menikmati destinasi wisata di Taman Nasional Komodo rasanya belum lengkap jika tak mampir di Taka Makassar, sepotong pulau yang hilang muncul di sana. Pulau seukuran lapangan sepakbola di Taman Nasional Komodo ini hanya akan terlihat saat air laut surut.

Saa air laut surut, pulau ini muncul berupa hamparan pasir putih yang dikelilingi laut biru.

“Hilang muncul mengikuti pasang surut air laut,” kata Roberto San, Tour Guide di Labuan Bajo, Kamis (24/11/2022).

Nama Taka Makassar ini berasal dari Taka yang berarti dangkal, dan Makassar merujuk pada orang Bugis yang pertama kali menemukan pulau tersebut.

Taka Makassar menjadi salah satu spot wisata yang sangat disayangkan jika dilewatkan wisatawan saat mengunjungi Taman Nasional Komodo. Taka Makassar adalah satu spot terbaik di Taman Nasional Komodo untuk aktivitas diving dan snorkeling, dengan pemandangan bawah laut yang indah berupa karang dan keragaman biota laut.

“Di sana bagus untuk foto drone dan juga bisa untuk snorkeling,” ujar Robert.

Untuk menuju ke Taka Makassar, dari Bandara Komodo kamu bisa langsung ke dermaga Labuan Bajo. Penyeberangan dari dermaga menuju ke Taka Makassar ditempuh kurang lebih 3-4 jam.

Wisatawan awalnya akan menaiki kapal pesiar yang nantinya akan parkir di tengah laut. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal yang lebih kecil.

Waktu terbaik untuk berliburan ke Taka Makassar adalah siang hingga sore hari sekitar pukul 13.00-15.00 Wita. Jangan datang terlalu sore sebab Taka Makassar biasanya akan hilang saat air laut mulai pasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *