Keindahan Air Terjun Lubuak Batang sebagai Destinasi Wisata Alam Tersembunyi di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat

Keindahan Air Terjun Lubuak Batang sebagai Destinasi Wisata Alam Tersembunyi di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat

Kabupaten Limapuluh Kota merupakan salah satu yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten Limapuluh Kota ini memiliki alam yang indah, Panorama yang bagus serta suasana yang sejuk sehingga daerah ini bisa menarik para wisatawan untuk datang mengunjunginya. Kapur IX merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki banyak sekali objek wisata alam yang bisa dikunjungi salah satunya yaitu objek wisata air terjun Lubuak Batang. Air terjun yang berada di pedalaman kenagarian Koto Bangun ini masih sangat alami dan terjaga keasriannya.

Air terjun Lubuak Batang ini memiliki keunikan yaitu berupa adanya dua tebing tinggi yang mengapit air terjun yang persis berada diantara kedua batuan ini,  Kondisi ini akan memberikan kesan seperti di dalam gua yang sangat sejuk namun masih bisa dimasuki oleh cahaya matahari dikarenakan bagian atas dinding batu masih terdapat sebuah celah yang berukuran lebih kurang 1 meter yang menambah keistimewaan pada air terjun ini. selain itu air yang jernih ditambah dengan perpaduan pasir putih dan halus memberikan kesan tak biasa yang tidak bisa anda temukan pada air terjun pada umumnya.

Air terjun Lubuak Batang ini juga memiliki Keindahan dimana disekitar air terjun ini dihiasi oleh pepohonan yang rindang dan juga banyak tumbuhan gambir yang menjalar anggun dan menambah keestetikan air terjun dibawahnya. disini para pengunjung bisa mandi sepuasnya. selain itu wisatawan yang ingin lebih lama menikmati air terjun ini juga bisa melakukan aktivitas camping tanpa di punguti biaya apapun. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang memiliki jiwa petualang dan pecinta alam. Dan bagi anda yang hobi berfoto juga bisa menikmati spot foto dengan background air terjun yang tidak kalah menarik dengan objek wisata alam lainnya.

Keasrian alam sekitar dan suhu udara yang sejuk merupakan salah satu kelebihan air terjun lubuak batang ini yang membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama disini. bagi anda yang penasaran dan ingin berkunjung ke lokasi wisata ini disarankan untuk kondisi fisik anda dalam keadaan yang sangat prima karena untuk mencapai lokasi ini membutuhkan perjuangan yang cukup ekstra.

Lokasi objek wisata alam ini cukup jauh dari pusat kota yang mana jika anda dari kota Padang Sumatera Barat untuk mencapai lokasi berjarak kurang lebih 200 Km atau sekitar 4-5 jam dan jika anda dri pekanbaru hanya berjarak kurang lebih 140 Km atau sekitar 3-4 jam perjalanan.

Untuk akses jalan menuju air terjun lubuak batang ini cukup sulit karena medan yang ditempuh hanya berupa jalan setapak serta naik turun dan berbelok, sehingga kamu harus ekstra hati-hati. Dan disarankan juga jika ingin mengunjungi tempat ini pada musim kemarau, karena ketika musim hujan akses yang dilalui akan lebih sulit. jalan yang licin disertai tanah lumpur, ditambah lagi jika saat hujan kamu akan kesulitan untuk menemukan tempat berteduh dan tempatnya yang jauh dari permukiman penduduk. Hanya ada beberapa rumah produksi gambir milik masyarakat setempat yang ada di sekitar air terjun.

Karena aksesnya yang sulit tersebutlah yang membuat para wisatawan bertekad untuk bisa mengunjungi objek wisata ini. Namun hal itu pula lah yang membuat air terjun ini masih sangat asri. karena masih belum banyak dijamah oleh wisatawan luar. Jika anda membawa bekal dari rumah jangan sampai meninggalkan bekas sampah makanan pada lokasi objek wisata air terjun lubuak batang, bawalah kembali sampah anda agar keasrian air terjun ini tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *