Pesona Wisata Alam Goa Haji Mangku di Maratua, Serasa di Dunia Lain

Pesona Wisata Alam Goa Haji Mangku di Maratua, Serasa di Dunia Lain

Goa Haji Mangku di Pulau Maratua wajib kalian kunjungin jika berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Wisata alam yang satu ini memiliki keindahan yang unik dan eksotik.

Letak goa ini tepat di tengah hutan dengan dikelilingi pohon yang rimbun. Untuk bisa menikmati wisata ini dengan trekking ringan melewati hutan kecil, pengunjung harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih pijakan karena tipikal jalurnya yang berkarang tajam.

Sesampainya di lokasi setelah kurang lebih 10 menit berjalan melewati pepohonan rindang, pada sisi bawah pengunjung akan disambut bibir gua yang membentuk seperti kolam alami memanjang dengan airnya yang jernih berwarna kebiru-biruan.

Untuk memasuki gua berair payau ini, ada dua cara yakni loncat terjun langsung dari atas gua atau masuk dari mulut gua yang setengahnya sudah tertutupi air. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Haji Mangku adalah di siang hari, karena pada saat itu cahaya matahari akan masuk menyinari gua dan bahkan menembus hingga ke bagian dalam gua.

Airnya pun akan terlihat lebih biru jika dibandingkan datang pada saat sore hari ketika matahari sudah hampir tenggelam. Kemudian airnya juga berwarna biru tua yang sesekali bercampur dengan biru toska muda karena sedikit cahaya yang menerobos dedaunan.

Fenomena ilusi optik yang menjadikan warna air payau ini begitu magis bagi mata yang memandang. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Gua Haji Mangku seperti trekking yang menantang, diving di air yang sangat jernih, dan kegiatan lainnya.

Sedangkan penamaan goa ini berasal dari penemunya, yakni Haji Mangku warga Maratua. Tetapi tidak ada yang tahu pasti kapan gua ini ditemukan, tetapi Goa Haji Mangku sendiri mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak tahun 2000-an. Namun saat ini nama gua tersebut juga dinamakan sebagai Gua Halo Tabung.

Pulau Maratua memang menjadi surga bagi para penyelam yang mengagumi di bawah laut, juga menawarkan keindahan lainnya. Salah satu destinasi yang menarik, yakni Gia Biru atau Goa Haji Mangku yang terletak di Kampung Payung-Payung atau beberapa puluh meter dari bibir pantai utara Maratua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *